tularkan pada sekeliling kita sebuah..

PD aja lagee..

|

Monday, January 23, 2012

Rasa Percaya Diri itu Penting

Tanpa disadari perkembangan dunia yang pesat memberikan dampak pada kehidupan secara umum, yaitu persaingan di segala aspek kehidupan. Didalam persaingan terdapat aturan tidak tertulis yang menyiratkan bahwa siapa menang dialah yang dapat. Dalam meraih kemenangan tentu ada usaha yang dilakukan. Selain usaha yang sungguh-sungguh tentu ada faktor x yang harus diingat, yaitu rasa percaya diri. Kenapa rasa percaya diri itu penting??

Setiap orang pasti diciptakan dengan bakatnya masing-masing, butuh kepercayaan diri untuk mengembangkannya. Kesalahan yang terjadi karena kepercayaan diri yang rendah akan menciutkan nyali, tapi saat rasa percaya diri positif dalam level yang tinggi maka semua kesalahan akan menjadi sebuah pecut yang akan membawa kita semakin maju.

Kekuatiran atau kecemasan merupakan musuh dalam selimut. Bagaimana tidak, setiap merasa kuatir akhirnya malah membuat minder dan mundur, istilah lainnya menyerah sebelum berperang. Tidak mau bergaul karena kuatir tidak diterima dalam pergaulan, tidak mau berpendapat karena kuatir ditertawakan dalam forum rapat, tidak mau bereksperimen karena kuatir dipersalahkan, tidak mau menyatakan cinta karena kuatir ditolak, dari kesemuanya itu intinya adalah tidak mau memulai karena KUATIR GAGAL. Lalu dimanakah rasa percaya diri itu??

Faktor-faktor yang memicu rendahnya rasa percaya diri, diantaranya adalah:
1.      Keluarga
Keseharian di keluarga sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri. Bedakan yang akan terjadi terhadap seseorang yang ingin menjadi ketua jika oleh keluarganya diberikan kata-kata seperti ini:
·         Apa kamu bisa memimpin orang sebanyak itu sedangkan bicara di forum saja takut. ??
·         Kamu pasti bisa karena kami selalu mendukungmu, berusahalah. ??

2.      Lingkungan
Lingkungan sekitarpun dapat mempengaruhi, misalnya dari lingkungan tetangga yang suka mencemooh, lingkungan sekolah yang tidak peduli, dll.

3.      Kenangan masa lalu
Masa lalu yang buruk juga berpengaruh, seperti pernah tertolak, pernah dimanfaatkan atau pernah ditertawakan, sehingga menimbulkan rasa trauma yang jika tidak dihentikan akan memparah rasa minder, malu atau kuatir.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kurangnya rasa percaya diri, diantaranya:
a.       Mencari teman baru
Bukan menyarankan untuk pilih-pilih teman, tapi ada skala prioritas. Ini kaitannya dengan keadaan lingkungan yang harus mendukung pengembangan rasa percaya diri. Mendapatkan teman yang dapat menjadi contoh yang baik, jika perlu mencontohnya tetapi tetap jadi diri sendiri. Bingung yaa, mungkin ilustrasi ini bisa sedikit menjelaskan:
Berteman dengan penjual sate akan ikut beraroma sate. Berteman dengan seorang penjual parfum akan ikut beraroma parfum. Jika berteman dengan seorang yang jenius, maka akan??

b.      Belajar belajar dan belajar
Modal utama rasa percaya diri adalah pengetahuan yang memadai, jika seseorang telah memiliki pengetahuan yang cukup, itu telah membuatnya mempunyai dasar dalam berpendapat dalam sebuah forum. Tapi yang perlu diingat, jangan marah kalau dikritik, tohh itu akan menjadi pembelajaran juga kan.. Ini berkaitan dengan mental yang kuat dan motivasi yang kuat.

c.       Memotivasi diri sendiri dengan selalu berpikiran positif
Berpikir positif akan menimbulkan energi positif dalam diri, selain itu juga akan menyerap energi-energi positif lain, dengan demikian bukan hal yang mustahil jika keberhasilan akan diraih,, betul kan.. Sikap positif akan menumbuhkan keyakinan untuk terus maju di tengah kepungan asap masalah. Berpikir positif akan membawa ke arah ‘cahaya solusi’ meski ‘asap masalah’ begitu tebal dan mengganggu pandangan Anda,, ciehh puitis..
Gantilah kata-kata negatif dengan kata-kata positif, mengganggap kritik atau kata-kata pedas menjadi pelecut semangat untuk menjadi lebih baik, maka lama-kelamaan kebiasaan positif akan menjadi kebiasaan baik. Yang perlu diperhatikan adalah jangan kapok berpikir positif jika ternyata pikiran positif itu keliru, karena perlu mengulanginya banyak-banyak kali untuk membuat diri sendiri terbiasa. Tidak ada yang salah dengan berpikir positif, karena sekalipun salah pikiran positif akan selalu baik untuk diri sendiri.

d.      Suka menolong
Menolong merupakan perbuatan yang mulia, terlepas dari menolong untuk kebaikan atau menolong untuk kejahatan. Menolong orang lain yang sedang kesusahan akan membuat hidup kita akan jadi lebih baik,, percayalah.. Perasaan lega, bangga dan bahagia akan bercampur jadi semangat bersikap positif,, buktiin aja.. Ini berkaitan dengan energi positif yang dikandung dalam setiap tindakan positif, dalam hal ini tolong-menolong.
Dari kesemuanya itu perlu diingat bahwa setiap manusia diciptakan spesial dengan keistimewaannya masing-masing, dan diiringi pula dengan hak dan kewajiban sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang sama, jadi gimana keputusanmu?? Be your self yaa.. :)



Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

4 komentar:

Anonymous said...

bener juga, thanks ya

Intan Silfiani said...

sama-sama..
semoga bermanfaat..

Anonymous said...

yoi bro but it's not easy
sams_boy@gmail.com

Anonymous said...

gw hennymutz, mao tanyak nie, kalo misal ude pikiran positip tapi macih aje dipitnah gimane tue, capek kan?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment