tularkan pada sekeliling kita sebuah..

tulang rusukmu..

|

Sunday, January 22, 2012

Fakta Tentang Tulang Rusuk

Menurut ilmu kedokteran:

Tulang rusuk merupakan tulang panjang agak pipih yang melengkung dan membentuk rongga rusuk, yang berfungsi melindungi dada, paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya di rongga dada, kedua ujung tulangnya merupakan tulang rawan, mungkin karena sifatnya maka mudah patah bila dibengkokkan..
Tulang rusuk atau yang dalam bahasa kedokteran disebut os costae, dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1.        Tulang rusuk sejati (os costae vera), merupakan tulang rusuk yang bagian ujung depannya menempel langsung dengan tulang dada, jumlahnya 7 pasang.
2.       Tulang rusuk palsu (os costae sporia), merupakan tulang rusuk yang bagian ujung depannya menempel pada tulang rusuk diatasnya dan tidak menempel pada tulang dada, jumlahnya 3 pasang.
3.       Tulang rusuk melayang (os costae fluctuantes), merupakan tulang rusuk yang bagian ujung depannya tidak menempel pada tulang apapun dan tetap dalam keadaan melayang, jumlahnya 2 pasang.


Sekarang mari kita lihat fakta apa yang tercantum dalam kitab suci:
Kejadian 2 : 20,
Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.
Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging.
Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu.
Lalu berkatalah manusia itu: “Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki.

HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186,
Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Maka sikapilah para wanita dengan baik.

Kenapa sihh wanita diciptakan dari tulang rusuk sebelah kiri??
Karena tulang rusuk sebelah kiri yang melindungi organ hati, diharapkan wanita dapat menjadi pengayom bagi hati sang lelakinya.

Ini ada kata-kata indah yang disukai banyak wanita,, hehe..

Wanita dibuat dari tulang rusuk lelaki

Dia tidak dicipta dari kepalanya untuk menguasai lelaki

Dia tidak dicipta dari kakinya untuk diinjak oleh lelaki

Dia dicipta dari rusuk kirinya supaya senantiasa dekat kepadanya

Dicipta dari bawah lengannya untuk dilindungi olehnya

&

Berdekatan dengan hatinya untuk disayanginya..


Perempuan diciptakan dari tulang rusuk pria. Layaknya tulang rusuk, selain halus dan rapuh sesungguhnya perempuan juga keras dan kuat. Perempuan adalah sosk individu yang mampu melindungi dan menjaga siapapun. Sebagaimana sifat tulang yang keras maka perempuan umumnya lebih gigih untuk bertahan hidup dibandingkan laki-laki terutama jika menyangkut kelangsungan hidup anak-anak mereka.

Coba kita tengok bentuk tulang rusuk yang bengkok itu, ia berfungsi sebagai kerangka yang menyusun kekuatan tubuh. Jadi perempuan itu juga bagian yang dapat membangun dan menegakkan kehidupan. Dengan tulang rusuk yang bengkok maka banyak organ-organ yang lunak terlindung. Sama halnya dengan perempuan,ia dapat menjaga kehidupan keluarganya, anak-anaknya yang masih lemah.

Mengapa dari tulang rusuk yang bengkok? Bukankah masih ada tulang yang lain yang lurus. Jika engkau bersikeras meluruskannya, ia akan patah. Tetapi jika engkau membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Mari bayangkan jika saja tulang rusuk itu lurus maka akan sempitlah dadanya, karena itu keberadaan perempuan dapat memberi kenyamanan dimana ia berada. Jadi bengkoknya bukanlah bentuk kelemahan perempuan.
Tulang rusuk suami ada pada istri dan istri sebagai penopang kehidupan suami. Yang dibutuhkan adalah pengertian, kesabaran dan saling memberi waktu untuk mengerti. Itulah hakikat cinta sejati pasangan suami-istri.

Ini ada kisah tentang sebuah apa yaa,, baca aja dehh.. :D

Gadis   : Aku mau tanya nihh, siapa yang paling kamu cintai di dunia ini?? 
Jaka    : Kamu donk!! 
Gadis   : Wow, sebagai apa aku dihatimu?? 
Jaka    : (setelah cukup lama berdiam) Kamu adalah tulang rusukku!!
Gadis   : Tahu darimana jika aku tulang rusukmu??
Jaka    : Begini ceritanya,, hehe...
Dulu karena Tuhan melihat bahwa Adam kesepian. Saat Adam tidur, Tuhan mengambil rusuk dari Adam dan menciptakan Hawa. Semua Pria mencari tulang rusuknya yang hilang dan saat menemukan wanita untuknya, ia tidak lagi merasakan sakit di hati. Begitu juga dengan si tulang rusuk yang ditemukan, dia merasa lengkap, dan tidak kehilangan suatu apapun, maka diapun tidak merasakan sakit di hatinya. Seperti saat ini, hatiku terasa nyaman dan lengkap dengan adanya kamu disisiku, ciehh..

Pasangan itu mengalami masa yang indah dan manis untuk beberapa waktu lamanya. Namun setelah mereka beranjak ke dunia kerja, kedua pasangan muda ini mulai tenggelam dalam kesibukan kerja masing-masing dan kepenatan hidup yang ada. Hidup mereka menjadi membosankan, jarang bertemu, dan mulai terjadi pertengkaran-pertengkaran besar dalam kehidupan mereka. Kenyataan hidup yang kejam membuat mereka mulai menyisihkan impian dan cinta satu sama lain.

Mereka mulai bertengkar dan pertengkaran itu mulai menjadi semakin menyakitkan. Pada suatu hari pada akhir sebuah pertengkaran Gadis keluar dari mobil Jaka sembari membanting pintu mobil.

Saat tiba di seberang jalan, dia berteriak: "Kamu nggak cinta lagi sama aku! Kita putus saja!". 
Jaka sangat membenci ketidakdewasaan Gadis dan secara spontan balik berteriak: "Kamu terlalu kekanakkan, aku benci kekanakkanmu itu, cobalah berpikir lebih dewasa ketika menghadapi masalah!" 

Gadis yang terpancing oleh emosinya pun spontan berteriak marah: "Aku menyesal menerimamu sebagai pacarku, kamu ternyata salah, ternyata aku bukan tulang rusukmu!!!"

Tiba-tiba Jaka terdiam dan berdiri terpaku disamping mobilnya untuk beberapa saat. Jaka menyesal akan apa yang sudah dia ucapkan, dia menyesal kenapa menjelekkan kekanakkan Gadis. Namun karena emosinya masih meluap, dia segera masuk kemobilnya, menancap gas, dan meninggalkan Gadis yang sedang berlari masuk ke rumahnya. 

Sesampai di kamarnya, Gadis menyesal berkata bahwa dia bukanlah tulang rusuk Jaka, dia mengingat semua kebaikan Jaka, semua pengorbanannya, dan segala ketulusannya, dan Gadis pun menangis. Tetapi seperti ludah yang telah terludahkan, kata-katanya tidak mungkin untuk diambil kembali. Karena emosi masih terlalu menguasainya, dengan berlinang air mata, Gadis bertekad untuk berpisah. Dia mengambil hapenya, dan menuliskan sebuah SMS untuk Jaka: "Kalau aku bukan tulang rusukmu, biarkan aku pergi. Biarkan kita berpisah dan mencari pasangan sejati kita masing-masing!" 

Tahun demi tahun berganti dan berlalu begitu cepat, namun Gadis masih belum bisa melupakan Jaka. Gadis berusaha mencari tahu tentang kehidupan Jaka. Dari temannya, dia tahu bahwa Jaka pernah ke luar negeri beberapa tahun, tetapi sudah kembali. Dia pernah berpacaran dengan seorang asing, namun kini sudah putus. Gadis agak kecewa tahu bahwa Jaka tidak menunggunya kembali. Di tengah malam yang sunyi, dia menyeduh dan meminum teh hijau tawar dari cangkirnya, dan merasakan ada segores luka yang teramat sakit di hatinya. Tetapi dia tidak sanggup mengakui bahwa dia merindukan Jaka. 

Suatu hari, mereka kembali bertemu di airport, tempat di mana banyak terjadi pertemuan dan perpisahan. Mereka bertemu tapi dipisahkan oleh sebuah kaca pembatas airport..
Jaka    : Hai, apa kabar??
Gadis   : (gugup dan karenanya hanya menjawab..) Baik..
Jaka    : (diam sejenak mencari bahan obrolan, lalu berkata..) Apakah kamu sudah menemukan   rusukmu yang hilang? 
Gadis   : Belum..
Jaka    : Oo.. (terdengar panggilan bagi penumpang tujuan New York dari pengeras suara)
Maaf, aku agak terburu-buru, aku terbang ke New York dengan penerbangan ini. Aku akan kembali 2 minggu lagi. Berapa nomor teleponmu sekarang? Jika sempat aku akan menelponmu... 
Gadis   : Kamu tahu nomor teleponku, tidak ada yang berubah..
Jaka    : Ok, I'll call you latter. (Jaka tersenyum kecil, lalu berlalu sambil melambaikan tangan dan berkata: "bye...."

Satu minggu kemudian, ketika Gadis sedang menonton televise, dia menemukan bahwa ternyata Jaka menjadi salah satu korban Menara Kembar WTC. Malam itu, sekali lagi Gadis minum teh hijau dari cangkirnya, kali ini teh itu tidak tawar, namun asin karena air mata Gadis berjatuhan tertetes di cangkir teh itu. Gadis menangis, dia kembali merasakan sakit dihatinya, kali ini jauh lebih sakit.

Akhirnya dia sadar bahwa sakit itu adalah karena Jaka, asal dari semua tulang rusuk yang dia miliki, pasangan dari semua tulang rusuknya sendiri, yang telah dengan bodohnya dia patahkan, dan kali ini kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya telah lenyap.

sekarang bukan tentang percaya atau tidak terhadap pemahaman wanita diambil dari tulang rusuk pria, tapi bagaimana memahami arti sebuah perasaan yang diciptakan Tuhan terhadap dua insan yang berbeda,, terserah anda bagaimana menyikapinya, tapi faktanya adalah..

..99% kemarahan atau emosi justru dilampiaskan kepada orang yang paling kita cintai, dan akibatnya seringkali menjadi fatal..



Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

4 komentar:

Anonymous said...

bener nggak se kalo ketemu tulang rusuknya, rasanya nyaman2 gitu? :X

Intan Silfiani said...

gimana yaa..
kalo menurutku gak se-extrim gitu, tapi yang jelas semuanya proses, kalo selama bersama merasa nyaman, besar kemungkinan itu jodoh kita, tapi tanya aja dehh sama Tuhan, ntar pasti dimudahkan jalannya..
selamat mencoba..

Anonymous said...

klo yg sdh dianggap jodoh tapi lari dg yg lain gimana tuh

herru jombang

Anonymous said...

pelampiasan pada orang yang dicintai itu betul sekali dan sangat menyesal

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment