tularkan pada sekeliling kita sebuah..

apakah gula jagung lebih baik daripada gula tebu??

|

Thursday, January 12, 2012



Gula tebu / gula pasir mengandung sukrosa, yaitu suatu molekul gula disakarida yang dalam kondisi asam (misal dalam saluran cerna) akan dipecah menjadi bentuk gula yang lebih sederhana, yaitu glukosa & fruktosa. Sedangkan gula jagung hanya mengandung zat gula sederhana yang disebut fruktosa, yaitu jenis gula yang memang sering ditemukan pada buah-buahan & memiliki rasa yang lebih manis dari gula biasa. Makin sederhana struktur penyusun gula, maka makin mudah diserap tubuh, sehingga lebih cepat menaikkan kadar gula dalam darah. Hal ini sangat membahayakan bagi pengidap diabetes, yang memiliki kondisi susah dalam mengolah gula, karena dapat menyebabkan berbagai komplikasi termasuk gangguan jantung. Gula jagung memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan gula biasa.

Perlu memperhatikan terlebih dahulu gula yang digunakan sebelum membeli dan mengkonsumsi kue atau makanan jadi yang dijual di pasaran, karena kebanyakan produsen kue atau makanan jadi menggunakan gula jagung, yang dinilai lebih berbahaya dari gula pasir atau gula tebu.
Tetapi Dr. Robert Lustig, seorang ahli endokrinologi dari Universitas California, mengatakan bahwa gula apapun dalam bentuk apapun tetap berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Konsumsi gula dalam bentuk apapun dianjurkan kurang dari 8 sendok teh per hari,, wow.. :(

Kesimpulannya, tidak ada satu pun jenis gula yang lebih baik dibandingkan dengan gula lainnya. Gula rendah kalori jika dikonsumsi secara berlebihan tetap akan memberikan efek yang berbahaya bagi tubuh. Namun bukan berarti bahwa penderita kencing manis dan obesitas tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali. Cobalah untuk selalu mengontrol jumlah gula yang Anda konsumsi setiap harinya tergantung dengan kebutuhan kalori Anda. Jika kebutuhan kalori anda 1800 kalori, sebaiknya anda membatasi untuk mengkonsumsi hanya 5 sendok teh gula setiap harinya, dan jika kebutuhan kalori anda 2000 kalori maka batasi konsumsi gula anda hanya sebanyak 8 sendok teh setiap harinya. Selama jumlah gula yang dikonsumsi tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan kalori Anda maka timbulnya efek gula yang berbahaya bagi kesehatan dapat dicegah, apapun jenis gula yang digunakan.

(sumber: dari mana-mana)


Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment